Toko sebelah banggain tol, saya tanya begini: Coba sebutkan 3 contoh nama tol full buatan jokowi yang sudah beroperasi ?
Dia Menjawab:
Banyakkkk…, Tol Kertosono-MojokertoTol Akses Tanjung PriokTol GempolTol Semarang – SoloTol Palembang-IndralayaTol Gempol–PandaanTol CipaliTol SurabayaTol Pejagan-PemalangTol Medan-BinjaiTol Medan-Kualanamu-Tebing TinggiTol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Tol Soreang-Pasir Koja Tol Bakauheni-TerbanggiTol Ngawi-KertosonoTol Bogor
Saya Balas Begini:
Tol Kertosono-Mojokerto Mulai dibangun 2007 rekonstruksi 2011
Tol Akses Tanjung Priok Mulai dibangun 2010 rekonstruksi 2012
Tol Gempol–Pasuruan Mulai Rekonstruksi 2011
Tol Semarang–Solo Mulai Rekonstruksi 2009
Tol Palembang-Indralaya Mulai Maret 2013
Tol Gempol–Pandaan Mulai 5 Apr 2012
Tol Cipali Mulai 8 Des 2011 dibangun PT LSM Milik Bang Sandiaga Uno
Tol Surabaya-Mojokerto dibangun 2007
Tol Pejagan-Pemalang rekonstruksi September 2011
Tol Medan-Binjai (Sampai skrg masih terkendala lahan)
Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Mulai rekonstruksi 2011
Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu Mulai 2011
Tol Soreang-Pasir Koja Mulai 2011
Tol Bakauheni-Terbanggi Mulai 2013
Tol Ngawi-Kertosono rekonstruksi Mulai 2012Tol Bogor Mulai 2011
Lho kok mulai dibangun jaman SBY semua ???????
Dia Bilang:
Iya SBY rencana doang tapi mangkrak nggak ada yg selesai
Saya Jawab:
Apapun itu intinya tol-tol yang kamu tulis itu hanya proyek lanjutan dari pak SBY, jangan asal main klaim seenaknya. Dan tidak semua tol SBY yang mangkrak, ada 17 tol yang selesai :
1. Cikampek-Purwakarta-Padalarang beroperasi April 2005
2. JORR W2S-E1-E2-E3 beroperasi Agustus 2007
3. SS Waru-Bandara Juanda beroperasi April 2008
4. Makassar seksi IV, beroperasi September 2008
5. Jembatan Suramadu beroperasi Juni 2009
6. Kanci-Pejagan beroperasi Januari 2010
7. JORR W1 Februari 2010
8. Surabaya-Mojokerto seksi 1A beroperasi Agustus 2011
9. Semarang-Solo seksi I beroperasi November 2011
10. Bogor ring road seksi 1A beroperasi November 2011
11. Cinere-Jagorawi beroperasi Februari 2012
12. Bali Mandara beroperasi September 2013
13. Semarang-Solo seksi II beroperasi April 2014
14. Bogor ring road seksi IIA beroperasi Mei 2014
15. JORR W2 Utara beroperasi Juli 2014
16. Kertosono-Mojokerto seksi I beroperasi Oktober 2014
17. Porong-Gempol seksi Kejapanan-Gempol beroperasi Mei 2015
Karena dia ga mau kalah, di Uploud Gambar Tol Gempol-Pandaan
Saya Jawab:
Apakah meresmikan dan mengoperasikan itu sama ?
Dia Jawab:
Itu udah dijawab, jangan kufur nikmat
Saya Tanya:
Jawab yang mananya nih?, Lagi pula disitu tertulis Gempol Pandaan beroperasi 2015. Sementara Pak Jokowi dilantik tgl 20 Oktober 2014. Berarti Tol Gempol Pandaan hanya dibangun dalam tempo 8 bulanan? Kufur nikmat itu punya otak tapi nggak dipakai, saya alhamdulillah masih slalu pake otak utk menetralisir hal-hal yang absurd seperti ini.
Saya Tanya Lagi:
Oh ya, Proses Pembangunan Tol diawali dari tahap Pra Rekonstruksi, bukan dari gunting pita. Yang saya tanya 3 nama tol buatan Jokowi ‘tok’ mulai pra rekonstruksi hingga pengoperasian tanpa ada keterlibatan presiden-presiden sebelumnya. Sebutkan 3 aja.
(Eh cebynya kabur dia hapus komen koemnnya)
Makanya jangan sok-sokan bahas tol
Catatan dari saya, Tol Gempol Pandaan saya sudah test drive. eh test tol sebelum pak Jokowi dilantik dech.
Aku kasih penjelasan tambahan biar pihak ono bisa pahami. Semua perencanaannya sejak SBY-JK, bahkan ada beberapa ruas tol yang dibangun oleh perusahaannya pak JK.
Dalam perjalanannya terjadilah krisis global, semua negara di dunia mengalami goncangan ekonomi, termasuk negara besar seperti Amerika, Jerman, Perancis dll. Nah dalam kondisi seperti ini, pak SBY-JK, tidak mungkin melanjutkan pembangunan tol, karen ekonomi rakyat dan negara lebih penting, akhirnya pembangunan tol ditangguhkan.
Jadi salah kalau ada yang bilang mangkrak tapi ditangguhkan. Akhirnya pak SBY-JK lebih fokus mengurus ekonomi, akhirnya Indonesia pada saat itu masuk urutan ke 3 negara yang ekonominya terkuat didunia dibawah China dan India. Setelah kondisi ekonomi global mulai membaik barulah jalan-jalan tol itu dilanjutkan kembali pada periode SBY-BOEDIONO.
Dalam perjalanan pembangunan SBY tidak lagi bisa melanjutkan pemerintahannya karena sudah limit time hanya cukup dua periode atau 10 tahun, maka pembangunan itu kemudian dilanjutkan oleh presiden berikutnya. Kebetulan adalah Jokowi, jadi kalau tidak tau perjalanan dan kisahnya jangan asal mengklaim. Demikian sekilas info.****
Nanik Sudaryati Deangan adalah Wartawati senior
Tinggalkan Balasan