Pelayanan Buruk Puskesmas Margoto Ogah Layani Pasien?

Lampung Timur, sinarlampung.co-Pelayanan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Margototo, yang melayani Inap, di Jalan Raya Metro Kibang, Desan Margototo, Kecamatan Metro Kibang, Lampung Timur menolak melayani warga yang membutuhkan pertolongan dan layanan kesehatan. Warga Metro Kibang, yang ingin mengobati putrinya, tidak dilayani dengan dalih jam pelayanan tutup, bahkan petugas melayani masyarakat dengan nada ketus alias tidak bersahabat.

“Saya bersama istri membawa putri saya ke Puskesmas Margoto. Anak gadis saya ini batuk-batuk hingga muntah-muntah. Jadi saya mau periksa dan berobat. Saya bawa anak saya sekitar jam 12.30 sudah tiba di Puskesmas. Memang suasan Puskesmas sepi. Saya pikir mungkin sedang istirahat makan siang,” kata WH (40) warga Desa Margototo WH (40), kepada wartawan, Sabtu 3 Agustus 2024.

Namun, tidak lama kemudian terlihat seorang petugas laki-laki dari balik pintu menegurnya. “Apa mas, jam pelayanan tutup, terkecuali kalau mau rawat inap,” ucap petugas itu ketus.

WH pun kemudian mencoba menghubungi kepala Puskesmas melalui via WhatsApp dengan harapan bisa memberikan pertolongan pertama pada putrinya. Namun sayang Kepala Puskesmas tidak ada respon. “Telpon saja (kepala Puskes,red), bawa saja anaknya ke bidan atau ke dokter,” saran petugas Puskesmas itu.

Mendengar itu, WH kemudian bergegas keluar ruang tunggu dan bicara dengan istrinya akan membawa Putrinya ke Puskesmas Sukadamai, Natar Lampung Selatan. Saat bersamaan petugas itu kembali memotong pembicaraannya dengan istrinya. “Sama saja, di sana juga jam pelayanan tutup,” ucap petugas Puskes itu.

Namun, kata WH, setelah sampai di Puskesmas Sukadamai, apa yang disampaikan oknum petugas Puskesmas Margototo itu tidak benar. Ternyata Puskesmas Sukadamai masih buka, dan memberikan pelayanan. “Pelayanan kesehatan Puskesmas Kedamaian masih buka, bahkan kami disambut dengan ramah. Pelayanannya juga baik oleh petugas pendaftaran,” kata WH kepada media di kantor Wartawan Kota Metro.

WH menyayangkap buruhnya pelayanan Puskesmas Margoto itu. Tidak semestinya petugas kesehatan mengeluarkan bahasa kurang elok, padahal mereka itu berpendidikan, dan berugas memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas sesuai dengan standar, dan sumpah petugas kesehatan. “Artinya, laporan masyarakat selama ini benar, bahwa pelayanan Puskesmas Margototo kurang baik,” ujarnya.

WH berharap, Kepala Dinas Kesehatan Lampung Timur untuk melakukan evaluasi dan memberikan pembinaan kepada pegawai Puskesmas Margototo, termasuk Kepala Puskesmasnya. Agar kejadian serupa tidak terjadi lagi. “Berikanlah pelayanan yang baik, yang ramah, jangan ketus gitu. Mohon Dinas terkait untuk memberikan pembinaan, agar pelayanannya lebih baik lagi. Jika tidak ada respon, nanti saya minta tanggapan Kadinkes Provinsi Lampung,” katanya.

Camat Metro Kibang Metro Kibang Heriyansyah saat dikonfirmasi soal buruknya pelayanan Kesehatan Puskesmas Margoto itu menyampaikan, bahwa pihaknya akan segera merespon apa yang telah menjadi keluhan masyarakat selama ini terkait pelayanan Puskesmas Margototo. “Nanti saya coba koordinasikan sama Kepala Puskesmas, saya telepon gak diangkat,” kata Camat.

Sementara Kepala Puskesmas Margototo Dwi Rosyadi yang dikonfirmasi wartawan juga belum merespon. (Red)

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *