Bandar Lampung, sinarlampung.co – Pelindo Regional 2 Panjang, bekerja sama dengan KSOP Kelas 1 Panjang, mengadakan kegiatan penyegaran penggunaan Single Truck Identification Data (STID) di Gedung AKHLAK Pelindo Regional 2 Panjang, Jumat, 25 Oktober 2024.
Acara ini, dipimpin Kepala KSOP Kelas 1 Panjang, Jece Julita Piris, dan dihadiri perwakilan Pelindo, Miftah Fajrisal dari Bagian Komersial. Kegiatan ini bertujuan memperkuat pelaksanaan program Strategi Nasional Pemberantasan Korupsi (Stranas PK) di lingkungan Pelabuhan Panjang .
Sejak diterapkan pada tahun 2022, STID telah berperan penting dalam mendukung proses penertiban dan pengenalan kendaraan yang beroperasi di area pelabuhan, terutama di Lini I Pelabuhan Panjang. Sistem ini memungkinkan pemantauan kendaraan secara lebih aman dan akurat, sehingga mampu meningkatkan keamanan barang dan keselamatan kerja, sekaligus meminimalkan potensi kecelakaan.
General Manager Pelindo Regional 2 Panjang, Imam Rahmiyadi, menegaskan bahwa transformasi digital yang diterapkan melalui STID ini merupakan komitmen Pelindo untuk menciptakan lingkungan pelabuhan yang bebas dari pungli. “Digitalisasi yang kami lakukan tidak hanya pada layanan kapal, tetapi di semua lini layanan kepelabuhanan,” ujarnya.
Imam juga menekankan pentingnya koordinasi antara Pelindo dengan pemangku kepentingan terkait guna memastikan kegiatan logistik di dalam dan luar pelabuhan berjalan dengan baik dan kondusif.
Selain STID, Pelindo menyediakan platform whistleblowing system (WBS) melalui situs pelindobersih.pelindo.co.id untuk memudahkan masyarakat melaporkan praktik pungli atau korupsi secara anonim. Langkah ini diharapkan dapat mendorong keterbukaan dan menjaga standar operasional di Pelabuhan Panjang. Pelindo juga terus berkoordinasi dengan Regulator Pelabuhan dan instansi terkait untuk memastikan setiap kegiatan di pelabuhan mematuhi aturan yang berlaku.
Melalui digitalisasi dan kerja sama dengan berbagai pihak, Pelindo Regional 2 Panjang berupaya mewujudkan pelabuhan yang aman, transparan, dan efisien bagi seluruh pengguna jasa. (Red/*)
Tinggalkan Balasan