SMA Negeri 2 Padang Cermin Sukses Gelar Panen Hasil Belajar P5

Pesawaran, sinarlampung.co – SMA Negeri 2 Padang Cermin melaksanakan kegiatan Panen Hasil Belajar Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka. Kegiatan ini memberikan pengalaman belajar langsung bagi siswa, disesuaikan dengan karakteristik lingkungan sekitar, untuk membentuk kompetensi global dan sikap yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Pada Selasa, 29 Oktober 2024, SMA Negeri 2 Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, berhasil mengadakan Gelar Karya P5 dengan tema “Suara Demokrasi” untuk pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS masa bakti 2024-2025, serta “Gaya Hidup Berkelanjutan” dengan pemanfaatan Ecobrick untuk pengelolaan sampah.

Kegiatan pameran ini menampilkan hasil pembelajaran proyek siswa kelas X Fase E dengan tema “Suara Demokrasi,” yang mengedepankan proses pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS sebagai bentuk pembelajaran demokrasi. Sementara itu, siswa kelas XI Fase F mengusung tema “Gaya Hidup Berkelanjutan” dengan fokus pada pengelolaan sampah melalui program Ecobrick, sebagai bagian dari edukasi lingkungan yang berkelanjutan.

Apresiasi Kepala Sekolah

Kepala Sekolah, Payudi, mengapresiasi karya siswa yang merupakan implementasi dari Kurikulum Merdeka, yang bertujuan untuk menciptakan pembelajaran terpusat pada siswa. Ia berharap pembelajaran yang dilakukan tidak hanya memenuhi kebutuhan akademik, tetapi juga mendukung kesejahteraan dan pengembangan karakter siswa melalui berbagai model pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler.

“Kegiatan P5 ini merupakan wujud nyata dalam membentuk profil Pelajar Pancasila pada diri siswa. Harapan saya sebagai kepala sekolah, dengan adanya kegiatan ini, siswa dapat menginternalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, baik dalam aspek kepemimpinan maupun kepedulian terhadap lingkungan,” pungkas Payudi.

Melalui kegiatan ini, SMA Negeri 2 Padang Cermin berharap mampu membekali siswa dengan keterampilan hidup yang relevan serta memperkuat karakter sebagai pelajar yang berwawasan global namun tetap mencintai lingkungan dan berperilaku sesuai nilai-nilai Pancasila. (Mahmudin)

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *